Langsung ke konten utama

RANGKUMAN  BUSSINESS PRACTICE 4

BIDANG RETAIL

1.  TOKO GRIYA ASRI

SEJARAH
Toko Griya Asri berdiri pada tanggal 21 Februari 2006 sampai sekarang, Toko ini awal mulanya hanya menjual alat tulis dan kantor (ATK).Semakin berkembangnya took ini maka saat ini bukan hanya menjual alt tulis dan kantor (ATK), tetapi juga menjualan aksesoris, perlengkapan bayi dan kosmetik. Toko ini beralamatkan di PERUMAHAN PURI INDAH BLOK A3 No. 1 karena masih belum adanya toko – toko lain di sekitarnya.
Ø VISI DAN MISI.
    Ø  Visi
     “Menjai toko ATK yang terbaik dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi customer”
     Ø  Misi
   “Menerapkan budaya kualitas diantara suplier dan produsen demi terciptanya kualitas produk yang unggul”
Ø OPERASIONAL.
    Ø  Toko ini beroperasi jam 08.00-20.00.
    Ø  Jumlah pegawai 2 orang
    Ø  mengambil barang dari grosir setelah itu diolah sendiri dan diberi label harga sendiri.

2.  METEOR CELL
Ø SEJARAH
Toko Meteor Cell Malang berdiri sejak 2009, pertama toko ini berlokasi dijalan Soekarno Hatta Kota Malang, lalu pada tahun 2012 kami pindah kejalan Gajayana no. 2 malang hingga kini. Sudah lebih dari 5 tahun kami melayani pelanggan. Kini kami menjadi salah satu store handphone atau gadget terbaik dikota Malang.
Ø VISI DAN MISI
“Prioritas Melayani Pelanggan”.
Ø OPERASIONAL
Ø Produk
MeteorCell memiliki berbagai macam produk seperti gadget dan smartphone        dengan kualitas yang tidak kalah dengan perusahaan lain.
Ø Jumlah Tenaga Kerja
Jumlah tenaga kerja di METEOR CELL di perkirakan sekitar > 10 orang.
Ø Cara Pengolahan / kerja
Ø  Mengadakan rapat staf
Ø  Memperkerjakan orang - orang baik
Ø  Jaga toko bersih dan rapi
Ø  Pelatihan Staff
Ø  Memberikan layanan pelanggan yang sangan baik.
Ø  Mengelola Persediaan
Ø  Berikan evaluasi bulanan untuk staff.
Ø Proses Bisnis yang berada di toko ini seperti di gambar berikut

BIDANG JASA

1.  BANK MUAMALAT
       
Ø SEJARAH
Bank Muamalat Indonesia, adalah Sejarah bank muamalat umum pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip “SYARIAH ISLAM” dalam menjalankan operasionalnya. Ide mendirikan Bank Muamalat Indonesia (BMI) tercetus dalam sebuah lokakarya MUI bertema “Masalah Bunga Bank dan Perbankan” yang diadakan pada pertengahan agustus 1990 di Cisarua, Bogor. Hasan Basri, selaku Ketua Umum MUI membawakan masalah itu ke Munas MUI yang diadakan akhir Agustus 1991. Munas MUI itu memutuskan agar MUI mengambil prakarsa mendirikan bank tanpa bunga. Untuk itu, dibentuk kelompok kerja yang diketuai oleh Sekjen MUI waktu itu HS Prodjokusumo. Dilakukan lobi melalui BJ Habibie sampai akhirnya Presiden Soeharto menyetujui didirikannya Bank Muamalat Indonesia (BMI).
PT Bank Muamalat Indonesia Tbk didirikan pada 24 Rabius Tsani 1412 H atau 1 Nopember 1991, diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Indonesia, dan memulai kegiatan operasinya pada 27 Syawwal 1412 H atau 1 Mei 1992.
Ø VISI DAN MISI
Ø  Visi
“The Best Islamic Bank and Top 10 Bank in Indonesia with Strong Regional Presence”
Ø  Misi
“Membangun lembaga keuangan syariah yang unggul dan berkesinambungan dengan penekanan pada semangat kewirausahaan berdasarkan prinsip kehati-hatian, keunggulan sumber daya manusia yang islami dan professional serta orientasi investasi yang inovatif, untuk memaksimalkan nilai kepada seluruh pemangku kepentingan”.
Ø OPERASIONAL
Ø  Perbedan bank syariah dan bank konvensional.
Bunga biasanya di tentukan berdasarkan asumsi usaha selalu untung, besarnya prosentase bunga bank di bayarkan tetap tidak melihat untung maupun rugi, pembayaran bunga tidak akan meningkat walaupun keuntungan semakin meningkat.
Bagi hasil biasanya di buat berdasarkan untung dan rugi, sistem bagi hasil ini tergantung dari keuntungan perusahaan apabila merugi maka akan di tanggung bersama,dan jika laba maka bagi hasil akan meningkat.
Akad perjanjian bank syariah di buat sesuai dengan hukum islam. Akad perjanjian bank konvensional berdasarkan hukum positif yang berlaku di indonesia.
Ø  Produk Bank.
Ø TABUNGAN IB MUAMALAT.
Ø Kartu reguler Untuk keleluasaan transaksi di atm dalam negeri dan di malaysia melalui jaringan atm bank muamalat,atm prima ,atm bersama dan meps(malaysia) serta transaksi pembayaran belanja di jaringan prima debit.
Ø Kartu gold Untuk keleluasaan transaksi di seluruh dunia melalui jaringan atm di muamalat ,atm prima,atm bersama, meps dan atm plus atau visa serta pembayaran belanja di jaringan visa.
Ø DEPOSITO.
Deposito syariah dalam mata uang rupiah dan us dollar yang fleksibel dan memberikan hasil investasi yang optimal bagi anda.
Ø KPR Muamalat.
Adalah produk pembiayaan yang akan membantu anda untuk memiliki rumah tinggal termasuk renovasi dan pembangunan.
Ø Modal usaha.
Adalah pembiayaan yang akan membantu anda dalam permodalan merintis usaha baru ataupun pengembangan usaha yang sudah ada
Ø Marketing Bank.
Ø Marketing funding : marketing yang bertugas menghimpun dana dari para nasabah melalui tabungan, deposito, giro.
Ø Marketing financing/landing : marketing yang bertugas menyalurkan dana kepada nasabah yang membutuhkan dan memenuhi persyaratan yang di tentukan melalui pembiayaan kpr, modal kerja maupun take over dari bank lain


2.  FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Ø SEJARAH
Ø Tahun 1965 berdirinya Fakultas Keguruan Teknik (FKT) IKIP Malang yang memiliki Jurusan Mesin dan Jurusan Sipil.
Ø Tahun 1981 FKT berubah menjadi Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) memiliki 2 (dua) Program Studi Setingkat Jurusan (PSSJ).
Ø Tahun 1997 FPTK memperoleh perluasan mandat untuk menyelenggarakan program studi non-kependidikan meliputi: D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Sipil dan Bangunan, D3 Teknik Elektronika, D3 Teknik Elektro, D3 Tata Boga, dan D3 Tata Busana.
Ø Tahun 1999 FPTK berubah menjadi Fakultas Teknik (FT) yang memiliki empat jurusan dan delapan program studi, yaitu Jurusan Teknik Mesin (prodi S1 PTM dan D3 Teknik Mesin), Jurusan Teknik Sipil (Prodi S1 PTB dan D3 Teknik Sipil dan Bangunan), Jurusan Teknik Elektro (Prodi D3 Teknik Elektronika dan D3 Teknik Elektro), dan Jurusan Teknologi Industri (Prodi D3 Tata Boga dan D3 Tata Busana).
Ø Tahun 2004 FT membuka Prodi D3 Tata Boga Keahlian Usaha Jasa Restoran berstandar internasional, D3 Teknik Mesin Keahlian Otomotif, D3 Teknik Sipil Keahlian CAD dan Survey Pemetaan, dan D3 Teknik Elektro Keahlian Informatika.
Ø Tahun 2005 FT membuka prodi S2 Pendidikan Kejuruan dan Prodi S1 Pendidikan Teknik otomotif.
Ø Tahun 2007 FT membuka Prodi S1 Pendidikan Informatika, Prodi S1 Pendidikan Tata Boga, dan S1 Pendidikan Tata Busana.
Ø Tahun 2009 FT membuka Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro.
Ø Tahun 2011 FT membuka Prodi S1 Teknik Sipil (non-kependidikan).
Ø VISI DAN MISI
Ø Visi
“Mewujudkan Fakultas Unggul dan Menjadi Rujukan dalam  Penyelenggaraan Pendidikan Teknologi dan Vokasi, dan Rekayasa”.
Ø Misi
Ø Menyelenggarakan pendidikan teknologi dan vokasi, dan rekayasa untuk menghasilkan lulusan yang cerdas dan kompetitif.
Ø Menyelenggarakan penelitian teknologi dan vokasi, dan rekayasa untuk menghasilkan karya yang inovatif, aplikatif, dan menjadi rujukan.
Ø Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan melalui penerapan teknologi untuk meningkatkan keunggulan dan produktivitas masyarakat.
Ø Menyelenggarakan tata kelola fakultas yang akuntabel dan transparan yang menjamin terwujudnya layanan prima.
Ø Memberdayakan potensi dan sumberdaya fakultas dalam rangka mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi yang berkualitas.

BIDANG MANUFACTURE

1.  PT. GUDANG GARAM Tbk.

Ø SEJARAH
PT Gudang Garam Tbk adalah sebuah merek/perusahaan produsen rokok populer asal Indonesia. Didirikan pada26 Juni 1958 oleh Surya Wonowidjojo, perusahaan rokok ini merupakan peringkat kelima tertua dan terbesar (setelah Djarum) dalam produksi rokok kretek.
Gudang Garam didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Tjoa Jien Hwie atau Surya Wonowidjoyo. Sebelum mendirikan perusahaan ini, di saat berumur sekitar dua puluh tahun, Tjoa Jien Hwie mendapat tawaran bekerja dari pamannya di pabrik rokok Cap 93 yang merupakan salah satu pabrik rokok terkenal di Jawa Timur pada waktu itu. Berkat kerja keras dan kerajinannya dia mendapatkan promosi dan akhirnya menduduki posisi direktur diperusahaan tersebut.
Ø VISI DAN MISI
Ø Visi
“Menjadi perusahaan besar yang terpandang, menguntungkan dan memiliki peran dominan dalam industri rokok domestic.”
Ø Misi
“Menjadi perusahaan besar yang terpandang, menguntungkan dan memiliki peran dominan dalam industri rokok domestik.”
Ø OPERASIONAL
Ø Process bisnis
Ø  Observasi keinginan masyarakat
Ø  Research and development
Ø  Produksi
Ø  Promosi
Ø  Pemasaran
Ø Karyawan
Ø  Gudang garam dan anak perushaannya menyediakan lapangan kerjabagi sekitar 36.400 orang


Komentar